Kagett (*_*) - Blogger Indonesia Disomasi Facebook dan Bisa dituntut Hingga 2M

Waw…..  :melongo-kerutin kening

Sumpa deh.. saya kaget banget liat temen saya di pesbuk yang nge-share berita tentang tuntutan Facebook kepada salah satu blogger tanah air kita ini. Nominal tuntutan yang diajukan pesbuk maksimal mencapai 2M. 

Logo FB

Blogger Indonesia yang terkena pelanggaran hak cipta ini bernama Ainun Nazieb, dia menjelaskan poin yang dituntut oleh pihak facebook adalah tema blog yang mirip dengan facebook. 


"Sebenarnya saat ini belum ada upaya penuntutan secara langsung dari pihak Facebook, tapi kuasa hukum (perwakilan) Facebook yang beralamat di jalan Jendral Sudirman, Jakarta, meminta saya untuk menghadap karena ada indikasi melanggar hak cipta. Secara keseluruhan dari tuntutan yang saya baca ada 3 poin tuntutan, 2 pidana dan 1 perdata, di mana salah satu tuntutan berisi sanksi maksimal denda Rp2 miliar," ungkapnya kepada okezone, Kamis (17/11/2011).


Ainul Nazieb mengaku sangat heran dan tidak membayangkan sama sekali kalau dia dianggap melanggar hak cipta facebook padahal theme blog-nya sudah lama dia gunakan dan sekarang sudah dihentikan penggunaannya.


Dia heran, kenapa baru hari ini tepatnya pukul 10.00WIB mendapatkan surat pelanggaran hak cipta terkait penggunaan tema yang mirip dengan Facebook. 


"Saya sudah menghentikan penggunaannya dengan memberikan catatan di blog pribadi saya, jika tema tersebut sudah tidak bisa digunakan atau distop. Namun memang tidak lantas bisa langsung berhenti, karena pengguna blog bisa mengunduhnya dari blog lain yang sebelumnya sudah menggunakan tema tersebut," paparnya.


"Saya belum tahu saat ini apa tindakan yang harus saya lakukan. Mungkin setelah bertemu dengan pengacara (perwakilan) Facebook Senin atau Rabu mendatang, saya baru bisa memutuskan langkah apa yang mungkin akan saya jalani," tandasnya.


Sekarang Ainun Nazieb masih terus merundingkan permasalahan ini dengan penguasa hukumnya. Diperkirakan Senin (21/11) atau Rabu (23/11) Nazieb dan pengacaranya akan mendatangi (perwakilan) Facebook di kawasan Jendral Sudirman untuk mendengarkan duduk persoalan yang diklaim raksasa jejaring sosial ini sebagai pelanggaran hak cipta.


Diselesaikan dengan Kekeluargaan

Pihak Facebook menunjuk perwakilan kuasa hukumnya melalui Maulana & Partners supaya mengeluarkan surat kepada Blogger Indonesia Ainun Nazieb mengenai pelanggaran hak cipta penggunaan Themes 'Smells Like Facebook' yang mirip dengan facebook.


"Sebelum Ainun datang, kami tidak ingin bicara lebih dalam mengenai masalah ini. Kami ingin menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan. Ainun Nazieb bersedia datang ke kantor kami pekan depan," kata juru bicara Maulana & Partners Dony Ferdian, saat dihubungi okezone, di Jakarta, Kamis (17/11/2011).


Masalah ini berawal ketika Nazieb membuat tema blog pribadinya bernama “Smells Like Facebook” mirip dengan tampila Facebook versi pertama.

Ini blognya si Nazieb


"Awalnya saya iseng saja untuk membuat tema blog saya mirip tampilan Facebook. Sampai akhirnya ada beberapa teman yang meminta saya menyediakannya sebagai tema yang bisa dipakai oleh orang banyak karena dinilai menarik. Jujur saya tidak berniat mencari keuntungan, karena saat itu saya hanya berniat share saja," tutur Nazieb.

=== > Sumber berita : Okezone, kolom Techno < ===


Houuffttghh…. Semoga bisa terselesaikan dengan baik dan dimudahkan yaa…aamiinn

Jadi miris juga nih… hwaaaa….. :-(
  1. Wah, harus hati-hati nih dalam membuat template krn bisa melanggar hak cipta.

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, Silahkan mencoretkan komentar atau kritik , saran kamu yaaa...

Makasiiiihhhh ^_^